Tugas Perekonomian Indonesia

MAKALAH
PEREKONOMIAN INDONESIA

Nama : Febryana Pintakasari
Kelas : 1EB17
NPM : 22212879
Mata kuliah : Perekonomian Indonesia
Dosen : Agus sujarwanto

Universitas gunadarma
2013

I. PENGERTIAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DAN CONTOH PERUSAHAAN MULTINASIONAL

A. DEFINISI PERUSAHAAN MULTINASIONAL(Corporation Multinasional)

Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
B. PENGERTIAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Perusahaan multinasional atau PMN adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara, perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.
Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagai para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi politik.
Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.
PMN seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan.Perusahaan multinasional pertama muncul pada 1602 yaitu Perusahaan Hindia Timur Belanda yang merupakan saingan berat dari Perusahaan Hindia Timur Britania.

C. CIRI-CIRI PERUSAHAAN MULTINASIONAL

PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pembrian jasa dalam sedikitnya dua negara. Perusahaan Mutinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu. Sebagian besar dari penanaman modal asing di negara-negara sedang berkembang diusahakan di bidang sumber daya alam, sisanya dibidang pengolahan, perdagangan, prasarana, transport, perbankan, turisme, dan jasa-jasa lainya.

D. JENIS-JENIS STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Setiap struktur membutuhkan pemrosesan informasi masing-masing
• Devinisi Fungsional Sedunia
a. Diorganisasi bedasarkan fungsi
b. Bidang fungsional anak perusahaan melaporkan langsung kepasangan fungsional mereka diperusahaan induk.
c. Perencanaan strategis dilakukan eksklusif puncak din perusahaan induk karena data yang mengintregasikan seluruh operasi tidak dapat pada level rendah.
• Divisi internasional
Semua anak perusahaan melapor pada divisi internasional MNC yang dipisah dari divisi Domestik.
• Wilayah Geografis
a. Tiap wilayah bertanggung jawab atas anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya.
b. Tidak adanya komunikasi antar wilayah.
c. Hubunan pelapor antara anak dan induk.
• Divisi produk sedunia
a. Divisi ini bertanggung jawab pada operasi mereka sendiri diseluruh dunia.
b. Membantu mengenali berbagai ragam kebutuhan dari berbagai anak perusahaan.

E. KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PERUSAHAAN MULTI NASIONAL

 KEBAIKAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL

o Menambahkan devisa negara melalui penanaman di bidang ekspor,
o Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor disektor industri,
o Memodernisir industry
o Ikut mendukung pembangunan nasional
o Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru

 KEBURUKAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Makin banyaknya Perusahaan Multinasional yang didirikan dapat mempengauhi kekusaan ekonomi negara. Tetapi, jika jumlahnya sedikit, maka arti kuantitatifnya tidak banyak.
Perusahaan Multinasional tersebut memperoleh hasil berupa :
o Keuntungan yang akan dialihkan ke luar negeri kepada pemegang sahamnya.
o Penyusutan/depresiasi, dalam praktek sering digunakan untuk menyembunyikan keuntungan-keuntungan agar tidak terkena pajak. Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.

F. WAJAH PEREKONOMIAN INDONESIA

Kondisi ekonomi global yang masih diliputi suasana suram penuh ketidakpastian agaknya tidak mengurangi optimisme bangsa Indonesia untuk melangkah memasuki tahun 2012. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini akan tetap cerah dan mampu memenuhi target. Sikap optimistis itu bukan tanpa alasan lantaran Indonesia kini memiliki dua modal penting yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain.
Di ujung tahun 2012 yang sebentar lagi akan menuju tahun 2013, tentu saja banyak sector yang harus dipikirkan dan dikembangkan lagi di Indonesia. Salah satu sector yang sangat penting dikembangkan adalah sector pertanian. Ini dikatakan dalam pdatonya dalam acara HIPMIF ECONOMIC OUTLOOK 2013, Rabu 12 Desember 2012, “Pada tahun 2013 nanti berdasarkan rencana kenaikan ekonomi di Indonesia dianggarkan naik 6,7%, kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono “Memang ambisius jika ingin mencapai kenaikan ekonomi sebesar 6,7%, tapi ini harus diusahakan dan harus diperbincangkan oleh petinggi pemerintahan karena beberapa factor”, tambahnya.
Beban yang berat di bidang ekonomi juga ditanggung oleh Indonesia di tingkat ASEAN, karena sesuai dengan konferensi ASEAN Economic Community yang telah disepakati oleh seluruh Negara ASEAN sebelumnya bahwa ekonomi di ASEAN tahun 2015 nanti akan segera diintegrasi. Ini artinya, tinggal 3 tahun lagi Indonesia harus bersiap-siap untuk integrasi ekonomi di ASEAN yang telah disepakati sebelumnya dan Indonesia pun wajib siap, “Memang sesuai kesepakatan ASEAN Economic Community bahwa tahun 2015 nanti ekonomi di ASEAN akan diintegrasikan dan pada bulan Januari pada Desember 2015 nanti . Artinya kita masih memiliki 3 tahun lagi untuk mempersiapkan semua ini.” Kata Presiden RI dalam pidatonya. Selain itu ia juga menambahkan beban yang dimiliki di Indonesia tidaklah hanya itu, karena pada tahun 2015 nanti Indonesialah yang menjadi tuan rumahnya tepatnya di Bali. Ini merupakan kewajiban Indonesia untuk benar-benar harus siap nantinya dan disamping akan mempertimbangkan ekonomi di Indonesia, ini juga menyangkut tentang harga diri Indonesia.”Negara kita msuk D20, sedangkan Negara-negara ASEAN lainnya yang ekonominya masih di bawah kita seperti Laos, Kamboja dan lainnya sudah siap akan integrasi ekonomi ASEAN nantinya, sementara kita masih harus dipersiapkan. Persiapan ini haruslah benar-benar matang karena ini menyangkut harga diri kita,” tegas Susilo Bambang Yudhoyono. Hal lain yang diungkapkan SBY, mengingat janji para petinggi pemerintahan dan petinggi daerah mengenai salah satu hal utama yang harus diperhatikan terhadap pemerataan ekonomi di Indonesia. Tentang pengusaha-pengusaha yang masih muda dan pemula serta pengusaha daerah ini harus didukung dan ditingkatkan agar nantinya pengusaha-pengusaha ini juga mendapat bantuan dan dukungan dalam usahanya. SBY pun meminta agar para pengusaha-pengusaha sukses dan para daerah seperti Gubernur dan Bupati lah yang patutu membantu pengusaha-pengusaha muda dan pemula di Indonesia sehingga sesuai janji akan pemerataan dari pemerintahan bisa tercapai dan ekonomi di Indonesia semakin baik. Inilah pidato Presiden RI dalam acara HIPMI Economic Outlook 2013 yang memamparkan bahwa sector ekonomidi Indonesia menjadi sorotan utama terhadap perrkembangan Indonesia di tahun mendatang. Sehingga sungguh terlihat bahwa totalitas ekonomi di Indonesia yang diungkapkan secara langsung oleh SBY Presiden RI.
Bagaimana wajah Perekonomian di Indonesia antara Kekuatan,kelemahan, kesempatan dan ancaman-ancaman dalam menanggapi tantangan global ?

 Kekuatan
• Semakin meningkatnya pendapatan Negara karena hasil dari wisata-wisata yang Indonesia miliki.
• banyaknya investor yang masuk (capital inflow) ke Indonesia yang menjadi salah satu penopang, aliran dana asing ke sistem keuangan domestik yang biasa disebut capital inflow diperkirakan akan terus membanjiri Indonesia karena seiring kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kita terhadap perluasan pembangunan dengan penekanan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
• Konsumsi yang tinggi dapat memicu perekonomian Indonesia dan hal ini mengaitkan adanya perkembangan kelas menengah

 Kelemahan :
• Indonesia yang belum mempertegas peraturan didalam masyarakat sehingga masih adanya ketidak beraturannya masyarakat.
• Sumber daya manusia yang masih adanya bermalas-malasan dan hanya bertopang hidup dari sumbangan pemerintah melalui subsidi.
• Masyarakat Indonesia yang kurangnya wawasan, pendidikan bahkan kesehatan karena mahalnya biaya dan mempengaruhi tingkat sumber daya manusia yang masih kurang terjangkau sehingga memperlambat perekonomian Indonesia untuk lebih baik.

 Kesempatan :
• Indonesia harus melakukan perluasan dan pembangunan insfrastruktur.
• Indonesia juga perlu memperbaiki tata kelola pemerintah secara berarti, terutama dengan menciptakan aturan- aturan dan mengembangkan perangkat-perangkat hukum pendukung yang menunjang upaya pemberantasan korupsi, terutama di jajaran birokrasi.

 Ancaman-ancaman :
• Angka pengangguran (unemployment rate), angka pengangguran di negara maju jauh lebih kecil daripada negara berkembang, sehingga ekonomi negara kita perlu tumbuh lebih tinggi untuk menyerap pengangguran.
• Angka kemiskinan. Jumlah penduduk miskin di negara berkembang jauh lebih besar daripada negara maju, sehingga ekonomi negara kita perlu tumbuh lebih tinggi untuk mengentaskan kemiskinan.

KESIMPULAN

Perusahaan multinasional corporation akan lebih berfokus kepada perusahaan yang sebanding dengannya dalam maksud setingkat dengan perusahaannya serta berfokus untuk perusahaan yang menjual produk yang sejenis dengannya tapi perlu antipasti juga dengan perusahaan tersebut karena semakin banyak masyarakat yang beralih ke perusahaan multinasional corporation karena masyarakat lebih berpikir dari segi kuantitas dan kualitasnnya. Sehingga ini dapat menjadi agresi bagi wirausahawan yang hanya berputar pada beberapa wilayah saya dan belum terlalu dikenal namanya sehingga masyarakat dapat berpikir tidak terlalu jelas asal usul dari produk yang dihasilkannya, segi kualitas dan kuantitasnya.
Perekonomian Indonesia yang termasuk Negara berkembang akan diperkirakan menjadi Negara penompang dengan beberapa teman Negara lainnya dikarenakan perekonomian Negara berkembang akan lebih baik dibandingan dengan Negara maju yang berbanding 4,7% : 2,3% dan hal ini dapat mempengaruhi perekonomian Indonesia dalam segi kekuatan dan kesempatan apa saja yang dimilikinya tetapi Indonesia pun harus memperhatikan kelemahan dan ancaman-ancaman yang dimilikinya juga dalam menanggapi tantangan global agar tidak menjadi menurun perekonomian Indonesia.

REFERENSI

http://yunira25.wordpress.com/2013/01/11/contoh-perusahaan-multinasional-multinational-corporations-dunkin-donuts/
http://laboratoriumbiotekjbpfp.staff.ub.ac.id/2012/12/20/seperti-apa-wajah-ekonomi-indonesia-tahun-2013/
http://ludwigtheresa09.wordpress.com/2013/05/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s