Harga Beras dan Sayuran Naik Dalam Sepekan di Kab. Cianjur

Selasa, 01/01/2013 – 19:20

CIANJUR, (PRLM).- Harga beras dengan berbagai macam kualitas di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Kenaikan antara 6-10 persen terjadi sejak libur Natal 2012.

Rohamnsah (41), pedagang beras di Pasar Induk Cianjur (PIC), Jalan Suroso, Cianjur saat ditemui “PRLM”, Selasa (1/1/13) mengatakan harga beras kualitas standar yang sebelumnya Rp 190 ribu per kantong isi 25 kilogram atau sekitar Rp7.600 per kilogram, saat ini mencapai Rp 200 ribu per kantong atau sekitar Rp 8 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga terjadi sejak sepekan terakhir. Sejak libur Natal kemarin hingga kini belum ada tanda-tanda terjadi penurunan. Namun kondisi seperti ini sudah biasa terjadi setiap tahunnya. Kami, para pedagang beras hanya mengikuti harga pasar saja dan tidak tahu penyebabnya karena stok yang kami terima masih dibilang normal,” tuturnya.

Kenaikan harga tidak saja terjadi pada beras, beberapa jenis sayuran juga mengalami kenaikan harga, seperti buncis, kentang, kol dan tomat. Kenaikan harga tersebut dipicu atas permintaan dari konsumen yang semakin meningkat mencapai 30 persen, sedangkan pasokan dari petani menurun.

Parjo (43) salah seorang pedagang sayuran di Pasar Induk Cianjur mengatakan, kenaikan harga tersebut bukan hanya dari pedagang saja. Melainkan juga dari pemasok yang naik otomatis.

Selain pasokan berkurang, permintaan konsumen pada saat ini juga melonjak. “Kenaikan harga yang terjadi mungkin permintaan dari konsumen meningkat dan harga dari petani juga tinggi, yang jelas entah kenapa saat ini untuk harga sayuran mahal,” ucapnya.

Sementara itu, untuk harga sayuran saat ini seperti harga wortel awalnya harga Rp3.000 per kilogram saat ini mencapai Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per kilogram, buncis saat ini Rp 8.000 per kilogram jauh dari harga sebelumnya yang hanya Rp 4.000 per kilogram. Untuk harga kol saat ini Rp 5.000 per kilogram yang sebelumnya berkisar Rp 3.500 per kilogram dan harga tomat pada saat ini Rp 6.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 4.000 per kilogram. (A-186/A-88)***

Nama : Febryana Pintakasari
Kelas : 1EB17
Jurusan : Akuntansi
Artikel : 7
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/217216

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s